Perangkat Keras Multimedia
Perangkat keras multimedia terdiri dari antara lain sebuah
sistem komputer dengan spesifikasi tertentu, kamera digital, scanner, printer.
1. Sistem
komputer
Sistem
komputer untuk multimedia minimal menggunakan prosesor Pentium 3, memori 256
MB, memiliki soundcard.
2. Kamera
digital
Kamera
digital adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan
melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang
hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.
Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus
diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang
dapat membaca media simpan digital tersebut. Kemudahan dari kamera digital
adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan
memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan
ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.
3. Proyektor
LCD
Proyektor
LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan
video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan
permukaan datar seperti tembok, dsb. Proyektor jenis ini merupakan jenis yang
lebih modern dan merupakan teknologi yang dikembangkan dari jenis sebelumnya
dengan fungsi sama yaitu Overhead Projector (OHP) karena pada OHP datanya masih
berupa tulisan pada kertas bening. Proyektor LCD biasanya digunakan untuk
menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa digunakan
sebagai aplikasi home theater.
4. Headset
Headset
adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan
untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau computer.
5. Scanner
Scanner
adalah alat yang digunakan untuk mengambil gambar benda atau foto dan
menyimpannya dalam format digital berupa file di dalam komputer. Cara kerja
scanner adalah mengubah cahaya menjadi data digital dalam format 0 dan 1. Data
tersebut, oleh manusia, akan terlihat sebagai sebuah gambar objek yang jelas.
Contoh penggunaan prinsip scanner dapat dijumpai pada mesin fotocopy, mesin
fax, mesin pembaca barcode di tempat perbelanjaan, serta mesin pemeriksa lembar
jawaban komputer.
Perangkat Lunak Multimedia
Perangkat lunak
multimedia adalah komponen-komponen dalam
data processing system,
berupa program-program untuk mengontrol
bekerjanya sistem komputer
multimedia. Perangkat lunak
ini digolongkan menjadi tiga
bagian yaitu bahasa
pemrograman multimedia, perangkat
lunak sistem multimedia dan
perangkat lunak aplikasi multimedia.
1. Bahasa
Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman
Multimedia adalah bahasa-bahasa
yang digunakan programmer
untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power
Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
2. Perangkat
Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak
ini terdiri dari
Sistem operasi (Operating System) misalnya DOS
(Disc Operating System), Windows
95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.
Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya
aplikasi Antivirus.
3. Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak
aplikasi multimedia merupakan
aplikasi-aplikasi yang dibuat
oleh personal atau organisasi untuk
user yang beroperasi
dalam bidang-bidang
multimedia spesifik seperti
grafik 2D, modeling dan animasi. Sebagai Berikut:
- Perangkat Pengolah Teks. Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.
- Perangkat Lunak Pengolah Animasi
dan Grafik 2D. Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian
yaitu: Grafik 2D Vector, misalnya
Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe
Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp.
Animasi, misalnya Macromedia Flash.
- Perangkat Lunak Pengolah Animasi
dan Modeling Grafik 3D. Contoh dari
perangkat lunak Animasi
dan modeling Grafik
3D adalah 3D
Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan
lain sebagainya.
- Perangkat Lunak Authoring
Multimedia. Authoring
merupakan aplikasi komputer
yang memberikan peluang
kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping
berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman
bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi
authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director
dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman). Jenis perangkat ini dibagi
menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis
icon dan authoring berbasis waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja
berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen dalam
halaman atau buku
tersebut. Contoh dari aplikasi
ini adalah HyperCard dan
ToolBook Assistant. Authoring berbasis
icon menggunakan konsep
flowchart untuk membuat
aliran elemen-elemen
multimedia yang dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang
secara khusus menampilkan diagram
alir aktivitas sepanjang jalur
percabangan, contohnya adalah
Microsoft Power Point
dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu
merupakan pengembangan paket
multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini
waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan
kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini adalah
Macromedia Director. Authoring DVD
adalah aplikasi yang digunakan untuk menampilkan menu interaktif movie,
contohnya adalah Pinnacle Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD
Workshop.
- Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis
Web Contoh produk-produk mendesain
web antara lain adalah Macromedia
Flash yang digunakan untuk membuat
animasi grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Baca Juga : Kegiatan belajar 3 : Komponen Multimedia